Selasa, 08 April 2008

GOOGLE APPS

Google sekarang merupakan penyedia layanan pencarian informasi di internet yang paling popular. Sayangnya, baru sedikit orang benar-benar mengenal lebih dalam segala fasilitas, kemampuan dan layanan yang diberikan oleh Google.

Dalam publikasinya, Google pernah memaparkan perusahaan tersebut berhasil memberdayakan ratusan atau mungkin ribuan komputer yang sudah mulai tak digunakan untuk dijadikan server. Dengan banyaknya komputer personal yang dibuat sebagai server tsb, Google sekarang menduduki peringkat atas di lalu lintas dunia Maya.

Bagi yang sering ber-email ria, Google menyediakan fasilitas Google Apps. Google Apps merupakan seperangkat fasilitas yang diberikan Google untuk hosting beberapa produk terutama untuk hosting e-mail. Dengan Google Apps dapat membuat komunikasi “next generation” dengan menggunakan melalui internet. Google Apps juga dapat membagikan dan mem-publish informasi dengan cepat dan mudah

Hosting e-mail artinya kita menaruh lalu lintas data e-mail di server tersebut. Jadi, space atau hardisk dan bandwidth menjadi tanggung jawab perusahaan server yang menyediakan hosting e-mail. Dengan menggunakan hosting e-mail dari Google Apps, kita yang punya domain akan bisa tetap memiliki e-mail dengan alamat domain kita.
Secara umum, Google Apps punya tiga jenis layanan, yaitu Standard Edition, Premier Edition, dan Education Edition. Standard dan Education diberikan secara gratis dengan kapasitas per akun e-mail hingga 6,5 GB, sedangkan Premier dibanderol dengan harga 50 dollar AS per akun e-mail per tahun dengan kapasitas hingga 25 GB.Fitur e-mail Google Apps sama dengan fitur e-mail yang dimiliki Gmail. Tersedia fasilitas pencarian data di e-mail kita dan juga bisa dijadikan untuk chatting secara instan ke sesama pengguna Gmail dan Google Apps.

Goole Aps juga menyediakan layanan gratis lain seperti Google Calendar untuk mengelola jadwal event/meeting, Google Docs untuk mengelola dokumen, spreadsheet, dan presentasi, serta The Start Page, yaitu tampilan website sederhana yang bisa menghubungkan fitur-fitur lain dari Google.

Tidak ada komentar: