Selasa, 08 April 2008

Pengenalan AJAX

AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX merupakan teknik baru di dunia pengembangan halaman web yang berguna untuk membuat aplikasi web, yang lebih “kaya” dibandingkan dengan aplikasi web biasa

Apa triknya sehingga AJAX bisa membuat halaman web yang lebih kaya? Jawabannya adalah AJAX memungkinkan sebuah halaman web memperbarui data dari server yang ditampilkannya tanpa harus melakukan refresh, sehingga halaman terlihat lebih responsif.

Fitur dan ciri utama AJAX adalah sebuah halaman web tidak perlu di refresh setiap kali ada data baru yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, sebuah aplikasi web akan terasa seperti aplikasi desktop saja. Kecepatan, interaktivitas, fungsionalitas, dan tingkat kegunaan halaman web akan meningkat.

Dari namanya, terlihat bahwa AJAX bersifat asynchronous. Arti asinkron disini bahwa permintaan data tambahan dari server dan loadingnya dilakukan di background tanpa mempengaruhi tampilan dan sifat halaman web sekarang. Jadi, sembari AJAX bekerja mengambil data dari server, user yang sedang membuka halaman web masih tetap bisa berinteraksi dengan halaman web tsb (halaman web tidak mengalami freezing)

Bahasa pemrograman yang digunakan di AJAX adalah bahasa JavaScript. Data diambil dari server menggunakan objek XMLHttpRequest yang didukung berbagai browser modern. Untuk memformat konten yang didapat dari server tidak diperlukan persyaratan tambahan karena semua browser sudah mendukung DOM yang merupakan standar baku dari W3C.

Berikut ini beberapa contoh manfaat AJAX yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman web anda:
  • Validasi data yang real time
    Sebuah halaman website lazim mengakomodasi masukan data dari user. Misalnya id user, serial number, kode pos, nama kota dll. Jika anda memiliki daftar di server yang bisa dipakai untuk validasi, anda bisa melakukan validasi langsung di server tanpa harus merefresh halaman web. Contohnya misalnya kalau kalian lagi masukin nama login name selagi kalian ingin membuat gmail anda. Akan langsung muncul tulisan yang menyatakan validitas apakah user name sudah tersedia atau belum.
  • Autocomplete
    AJAX bisa digunakan untuk melakukan autocomplete. Ketika user sedang mengisi data di sebuah for. Karakter yang sedang dituliskan oleh user akan bisa langsung dilengkapi oleh entry-entry yang disarankan. Contohnya, kalau misalnya di yahoo search engine anda menuliskan satu kalimat yang belum utuh, maka secara otomatis akan tersedia daftar entry-entry yang menyambungkan kalimat tersebut secara utuh, sehingga anda tidak perlu menuliskan semua kata yang ingin anda cari
  • Load on demand
    Berdasarkan event tertentu, sebuah halaman HTML bisa mengambil tambahan data di background sehingga memungkinkan browser menampilkan halaman web secara lebih cepat dan bisa diatur kapan penampilannya.
  • Refresh data dan server push
    Halaman web bisa mengambil data dari server tertentu untuk menampilkan informasi terkini, misalnya nilai tukar, dolar, stok, ramalan cuaca, dsb. Kemampuan ini memungkinkan halaman web melihat informasi terkini tanpa harus merefresh halaman web
  • Partial submit
    Halam web yang bisa melakukan submit sebagian form terlebih dahulu tanpa meminta halaman web di refresh terlebih dahulu
  • Mencampur data/mashup
    Halaman web bisa menampilkan data menggunakan berbagai media seperti proxy server side ataupun menggunakan skrip eksternal. Dengan demikian anda bisa mengunakan berbagai data untuk aplikasi anda. Misalnya anda menggabungkan nilai tukar dolar ke rupiah dengan halaman web e-commerce.

Tidak ada komentar: